Kamis, 13 Maret 2014

Telepon (Sistem Komunikasi dengan Kawat Penghantar 3)

Telepon (Sistem Komunikasi dengan Kawat Penghantar 3)


Yang dimaksud dengan telepon adalah suatu sistem telekomunikasi untuk meneruskan pembicaraan dalam bentuk suara pada jarak yang berjauhan. Prinsip dasar telepon adalah gelombang suara diubah menjadi gelombang/sinyal listrik oleh mikropon, yang diteruskan melalui kabel dan di tempat tujuan diubah kembali menjadi gelombang suara.

Telepon adalah jawaban yang tepat bagi masalah waktu, jarak dan tempat. Dengan telepon, hubungan yang cepat, tepat dan efisien ke segala penjuru dapat terpenuhi.

Gambar 11. Sistem sambungan telepon manual
 
Pada sistem telepon manual, pelanggan menelpon operator dikantor telepon dan minta disambungkan ke nomor tujuan. Pelanggan dan nomor tujuan baru bisa berbicara/komunikasi setelah operator menghubungkan kontak hubungan dari terminal pelanggan ke terminal nomor tujuan.

a. Sistem sambungan telepon otomatis.

b. Sistem hubungan telepon SLJJ
Gambar 12. Sistem hubungan telepon

 
Dari kota asal sinyal yang dikirim dari telepon pelanggan diarahkan oleh mesin STO asal dan diteruskan kemesin register untuk disimpan dan diteruskan melalui jaringan ke mesin Pengarah SLJJ tujuan untuk diarahkan ke jaringan lokal tujuan sampai hubungan terlaksana. Selanjutnya diteruskan ke mesin selektor STO tujuan dan disambungkan ke nomor tujuan.

Pada sistem telepon otomatis, operator di kantor telepon otomatis digantikan mesin switching otomatis yang dapat digerakkan oleh sinyal yang dikirim oleh pelanggan pada waktu menekan/memutar tombol/dial pada pesawat telepon. Dengan demikian pelanggan langsung dapat berkomunikasi dengan nomor tujuan secara otomatis tanpa bantuan operator. Karena banyaknya sambungan telepon pelanggan dan luasnya daerah operasional telepon, maka dibangun mesin switching yang di tempatkan disetiap daerah secara bertingkat sehingga memungkinkan menjangkau sasaran yang banyak dan luas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments